Dibalik Aroma Khas Ternyata Jengkol Memiliki Manfaat Kesehatan

JENGKOL SUMBER PROTEIN TINGGI


                                                              sumber gambar: google.com


Angkat tangan siapa yang suka dengan Jengkol? Makanan khas yang aromanya sangat menyengat, bagi sebagian orang membuat mual ternyata memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Jengkol adalah sumber protein tinggi, ini melebihi protein yang terdapat bada kacang-kacangan (kacang hijau).

Bukan hanya protein yang terkandung dalam jengkol, masih banyak kandungan pada jengkol tetapi disini admin tidak akan membahas apa saja kandungan nya, namun admin akan membahas mengenai manfaat jengkol pada kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat bagi kesehatan tubuh? 

Jengkol mengandung zat besi, ini berperan untuk mencegah kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Jika kekurangan produksi sel darah merah akan mengakibatkan nutiri dan oksigen pada sel-sel tubuh juga kekurangan. Efeknya pada tubuh Anda akan mudah lelah, mudah putus asa.

Jengkol juga bisa menangkal radikal bebas. Banyaknya kandungan antioksidan mampu melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan serangan jantung dan diabetes. 

Bahaya terlalu banyak konsumsi jengkol, apa saja?

Jengkol mengandung zat kristal tidak larut oleh air, maka jengkol tidak dianjurkan bagi penderita ganguan ginjal. Sebab sangat dikhawatirkan ginjal tidak dapat menyaring nya. Akibatnya susah bahkan mengalami sakit pada saat buang air kecil.

Perhatikan dalam mengkonsumsi jengkol sebaiknya jangan terlalu banyak. Asam Jengkolat yang terkandung bisa mengakibatkan keracunan jengkol. Makan jengkol mentah beresiko lebih tinggi keracunan sebab asam jengkolat masih dalam keadaan aktif.

Nah, bagaimana menurut Anda para penggemar jengkol? Selain manfaatnya yang luar biasa, Anda juga harus memperhatikan efek sampingnya ya. 

Sebaiknya konsumsi jengkol dalam jumlah yang sedang saja, jangan terlalu banyak dan sering. Perlu diperhatikan juga sebaiknya konsumsi jengkol dalam keadaan matang.

Post a Comment

0 Comments