Manfaat Kopi

Manfaat Dibalik Secangkir Kopi Yang Nikmat


Menikmati secangkir kopi di pagi hari sebelum kita beraktifitas memang terasa nikmat, tentu saja bagi anda pecinta kopi. Masyarakat di Indonesia banyak yang gemar meminumnya, termasuk saya. Sebagai penikmat kopi rasanya tidak bisa sehari tanpa minum kopi. Satu sruputan bikin melek mata, dua kali seruput bikin otak terasa fres, tiga hingga satu gelas kopi bikin energi meningkat seperti terisi daya. 

Di Indonesia banyak sekali jenis kopi. Salah satu yang terkenal hingga ke penjuru dunia adalah kopi luwak. Seperti yang kita tahu kopi luwak adalah biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak. Hemmm terasa menjijikan ya,... Dilansir dari wikipedia kopi luwak adalah kopi yang termahal di dunia 450 gram dibandrol dengan harga 100 usd.

Saya mengambil kutipan dari wikipedia tentang sejarah singkat asal mula kopi luwak. "Tanam Paksa" pada era pemerintahan Belanda di Hindia Belanda melarang para pekerja untuk memetik/ mengkonsumsi kopi untuk pribadi. Pekerja melihat biji kopi yang berserakan bekas makanan musang/luwak maka mereka mencoba memasaknya untuk dikonsumsi. Ternyata rasa kopi jauh lebih nikmat, kenikmatan kopi tersebut terdengar oleh pemerintah Belanda dan mereka akhirnya menjual kopi tersebut dengan harga yang sangat mahal. Kopi ini juga menjadi kopi kegemaran para bangsawan jaman pemerintahan Belanda.

Kopi mengandung kafein. Kafein dalam kopi selain menghilangkan rasa kantuk juga mampu meningkatkan adrenalin dalam darah sehingga tubuh mampu melakukan aktifitas yang lebih intens. Zat lain yang terdapat pada kopi dapat mengurangi terkena resiko alzheimer. Tapi perlu di ingat bahwa mengkonsumsi kopi di pagi hari dengan perut kosong (tanpa konsumsi makanan karbohidrat) akan menimbulkan efek samping seperti, asam lambung naik.

Post a Comment

0 Comments