Atasi Kencing Manis dan Sakit Gigi Dengan Daun Sambiloto

Manfaat Daun Sambiloto

                                                             sumber gambar tribun palembang

Tanaman Sambiloto dapat membantu bagi kesehatan tubuh untuk dijadikan sebagai obat herbal utama yang bisa diandalkan untuk penyakit seperti kencing manis serta sakit gigi. Efek samping dengan menggunakan pengobatan sambiloto bahkan terbilang tidak ada. Bahkan survey membuktikan tanaman herbal ini dapat dikonsumsi setiap hari , karena khasiat dari tanaman herbal ini di percaya dapat membantu mengatasi penyakit di dalam tubuh, contoh penyakit yang selalui menghantui kita adalah Diabetes.

mengobati kencing manis dengan sambiloto

Ambil daun sambiloto segar kira-kira 1/2 genggam kemudian dicuci sampai bersih dan direbus dengan menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa dua seperempat gelas. Setelah dinginkemudian disaring, setelah itu diminum setelah makan 3 kali dalam sehari masing-masing 3/4 gelas.

Mengobati sakit gigi dengan sambiloto

Siapkan daun sambiloto yang masih segar sebanyak 9 hingga 15 gramdirebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudiandisaring, setelah itu diminum 2 kali sehari masing-masing1/2 gelas saja. Untuk OMA, gunakan daun sambiloto yang masih segar yang telah dicuci kemudiandigiling hingga halus dan kemudian diperas.


Kandungan Nutrisi Sambiloto

Kandungan utama sambiloto adalah diterpen lakton andrografolida. Selain itu mengandung andrografin, panikolin, panikolida, serta antioksidan flavon.
Dosis  dan Cara Menggunakan Sambiloto

Dosis sambiloto relatif bervariasi hingga mencapai 1.200 mg. Dosis sambiloto adalah 40 mg per hari untuk mengobati masalah seperti sinusitis, demam dan tonsilitis. Sedangkan untuk anak-anak dengan gangguan sistem pernafasan bagian atas sekitar 30 mg selama maksimal 10 hari. Dosisi standar sambiloto dilihat dari kandungan andrografolida yaitu sekitar 4-6%.

Sambiloto memiliki rasa yang sangat pahit sehingga sulit untuk mengkonsumsinya secara langsung. Oleh karena itu sambiloto biasanya dikonumsi dalam bentuk kapsul atau tablet ekstrak. Sambiloto juga dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau ditumbuk kemudian diseduh.

Post a Comment

0 Comments