Daun Katuk Melancarkan ASI

ASI Tidak Lancar, Konsumsilah Daun Katuk


Daun katuk sebagai bahan alami untuk penambah ASI bisa diolah menjadi masakan tumis, campuran sayur bening atau dibuat jus segar dengan kombinasi buah maupun sayuran lain. Berikut ini kami bagikan sejumlah olahan resep minuman jus sehat berbahan dasar daun katuk yang berkhasiat meningkatkan jumlah dan mutu air susu ibu.

Tanpa makanan pendamping (MP-ASI), pemberian air susu ibu dapat mencukupi kebutuhan pertumbuhan sampai usia sekitar empat bulan. Setelah itu ASI hanya berfungsi sebagai sumber protein, mineral, dan vitamin utama untuk bayi yang mendapat makanan tambahan yang tertumpu pada beras.

Daun katuk dikonsumsi dalam bentuk sayur rebusan atau dilalap. Daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Pada pemberian daun katuk ditemukan peningkatan kadar hormon steroid adrenal. Kadar prolaktin yang tinggi akan meningkatkan, mempercepat dan memperlancar produksi ASI. Daun katuk juga mengandung alkaloid, sterol, flavonoid dan tannin. 


Meskipun demikan cara mengolah daun katuk harus benar-benar diperhatikan, agar  gizi yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Terlalu matang/lama memasaknya akan menurunkan kualitas daun katuk sebagai pelancar ASI. Berdasarkan penelitian daun katuk kaya akan zat gizi. Disamping itu, daun katuk mengandung sejenis zat yang diduga bekerja sebagai laktagagum.


(adalah admin blog ini, sehingga telah mendapatkan ijin postin artikel)

Post a Comment

0 Comments