Luar Biasa Dasyat Manfaat Black Garlic

Bawang Hitam Kaya Antioksidan



Bawang Putih Hitam atau yang lebih dikenal dengan "bawang hitam" adalah bawang putih fermentasi. Seperti namanya Black Garlic (bawang hitam), warna Black Garlic adalah hitam dengan tekstur lembut dan aroma gurih dan tidak terlalu tajam serta rasa yang agak manis. Namun, Bawang Putih Hitam masih bisa membuat makanan yang lezat.

Di negara selain Indonesia Black Garlik sudah lebih terkenal, misalnya di Thailand mereka menggunakan untuk bahan campuran herbal seperti herbal stamina pria.

Cara pembuatan Bawang Putih Hitam membutuhkan waktu yang sangat lama adalah 90 hari. Proses fermentasi dapat dipersingkat menjadi 40 hari, tetapi hasilnya akan sangat berbeda dari proses selama 90 hari. 

Cara fermentasi dilakukan adalah dengan memasukkan bawang putih pada mangkuk baja dan tutup dengan kertas aluminium foil, kemudian mangkuk itu ditempatkan dalam oven dan dipanggang pada suhu 25-30 derajat Celcius selama 40 hari atau 90 hari. Kami harus memeriksa setiap 4 atau 5 hari untuk mencegah perubahan suhu.

Cegah Penuaan dan Kanker

Penelitian lain dilakukan oleh Kim, et al, 2012, yang membuktikan bahwa proses fermentasi untuk menghasilkan bawang putih hitam terbukti meningkatkan kadar polifenol, dan flavonoid dalam bawang hitam. Kadar polifenol meningkat sekitar 23%, sedangkan kadar flavonoid akan meningkat sebesar 37% pada bawang putih hitam.

Polifenol dan Flavonoid bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker, dan penuaan dini. Kehadiran antioksidan akan menangkap radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Dengan meningkatnya kadar antioksidan alami (polifenol dan flavonoid) pada bawang putih hitam, dapat menurunkan risiko kanker, dan penuaan dini.

Dalam penelitian yang sama disebutkan bahwa ekstrak bawang putih hitam terbukti melindungi kulit dari UV B. UV-B dapat merusak lapisan kulit luar (epidermis), sehingga membuat efek seperti terbakar. 


Manfaat lain Black Garlik ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah serta sebagai antioksidan.

Post a Comment

0 Comments