Manfaat Kumis Kucing untuk Mengobati Infeksi Kencing dan Batu Ginjal

MANFAAT TANAMAN KUMIS KUCING BAGI KESEHATAN




Tanaman kumis kucing ini bentuknya mirip helai kumis kucing maka dari itu disebut juga dengan sebutan cat whiskers atau java plant. Tanaman ini selain sebagai tanaman hias bisa juga digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa kondisi penyakit. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengibati saluran kencing serta penyakit ginjal. Dalam pengobatan herbal kumis kucing dikenal oleh masyarakat untuk mengatasi ganguan ginjal.

Memiliki sifat antijamur serta antiradang dan memiliki manfaat lain seperti rematik, asam urat dan batu ginjal serta dapat menghentikan gejala kejang-kejang. Beberapa penelitian dari sumber terpercaya menyebutkan manfaat utama kunis kucing adalah untuk obat infeksi saluran kencing.

Daun kumis kucing mengandung senyawa ostosifonin dan garam kalium, merupakan komponen utama membantu larutnya asam urat, fosfat dan oksalat di tubuh terutama kandung kemih, serta ginjal sehingga dapat mecegah terjadinya batu ginjal.

Cara mengolah kumis kucing untuk batu ginjal


Bahan yang harus disiapkan:
- 6 lembar daun kumis kucing
- 4 helai daun keji beling


Cara mengolah
Cuci bersih ke-dua bahan, kemudian rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih, minum air rebusan tadi dalam keadaan hangat-hangat kuku, minum 2x sehari pagi dan sore. Lakukan sedikitnya selama 10 hari.

Cara mengolah untuk saluran infeksi kencing

Ambil satu genggam daun kumis kucing, kemudian jemur hingg kering. Setelah daun kering kemudian seduh dengan air panas menggunakan gula aren, minum air teh dari kumis kucing ini pagi dan sore.

Post a Comment

0 Comments