Atasi Masuk Angin Dengan Ramuan Alami


Hindari Kerokan Pada Saat Masuk Angin



Masyarakat Indonesia sering melakukan kerokan, ketika mengalami gejala masuk angin. Mereka menganggap masuk angin adalah sebuah penyakit, padahal masuk angin bukan suatu penyakit. Masuk angin adalah campuran gejala flu, perut kembung, mual, demam dan meriang.

Kebiasaan kerokan untuk mengusir masuk angin sebenarnya sangat berbahaya, sebab kerokan justru akan membuat pori-pori kulit terbuka lebar. Jika Anda mengalami masuk angin sebaiknya hindari penggunaan obat berbahan kimia.

Sebelum melanjutkan mari kita ketahui mengapa kerokan berbahaya:

Ketika kerokan maka akan menyebabkan pori-pori kulit terbuka lebar, hali ini dapat mengakibatkan mudah masuk virus/bakteri melalui pori yang lebar.

Pelebaran aliran darah dari kecil hingga besar, yang prosesnya tidak alami seperti kerokan dapat mengakibatkan resiko terjadinya stroke. 

Ibu hamil dilarang kerokan, mengapa? Sebab dapat mengkibatkan kontraksi pada janin yang di kandung-nya. 

Langkah pertama untuk mengatasi masuk angin adalah:

Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih.

Hal ini bertujuan tubuh tidak kekurangan cairan pada saat kondisi tubuh lemah. Mengkonsumsi air putih yang cukup akan mambentu memperlancar sistem organ tubuh bekerja dengan baik. Hindari mengkonsumsi air yang berwarna, misal : kopi, alkohol, dan lain sebagainya.

Makanan Hangat/Sup Ayam.

Sup ayam kaya akan asam amino yang dapat mengatasi bronkitis. Ketika mengkonsumsi sup ayam hangat sebaiknya jangan menambahkan penyedap rasa. Mengkonsumsi sup ayam hangat selain menambah asupan gizi, juga dapat menghilangkan gejala masuk angin. Kondisi tubuh menjadi hangat.

Ramuan Alami Untuk Mengusir Masuk Angin Yang Terbukti Ampuh.

Wedang Sari jahe.

Selain dapat membuat kondisi tubuh hangat, jahe mengandung senyawa gingerols sebagai anti peradangan.  Supaya mnfaatnya cepat terasa, sebaiknya mengkonsumsi air jahe hangat 2 kali sehari.

Cara pengolhanya sebaiknya:

Ambil satu rimpang jahe, cuci hingga bersih. Parut jahe tersebut hingga halus.
Parutan jahe yang telah halus siram menggunakan segelas air panas, kemudian saring buang ampas jahe. Setelah bersih disaring, tambahkan satu sendok makan madu/ perasan air jeruk nipis 1 buah. Minum dapam keadaan hangat.

Teh Hijau.

Jika terlalu repot untuk mengolah jahe. Anda bisa menggantinya dengan teh hijau. Kandungan antioksidan dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Teh hijau juga mengandung polifenol, sehingga dapat membasmi virus yang ada di dalam tubuh serta membantu mengembalikan kondisi tubuh lebih rileks.

Istirahat Cukup.

Istirahat yang cukup tentu saja akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Ketika sistem kekebalan tubuh menurun maka tubuh perlu di berikan istirahat yang cukup, untuk menghindari semakin menurunya kondisi tubuh.


Post a Comment

0 Comments