Awas Bahaya Kencing Bau Menyengat Bisa Jadi Gejala Penyakit Berbahaya!!



Ketahui Penyebab Kencing bau Menyengat dan Tips Menjaga Saluran Kencing


Pernahkah Anda mengalami pada saat buang air kecil dan air urine Anda bau yang sangat menyengat? Bau pada air urin bisa juga berasal dari makanan dan minuman yang Anda makan misalnya: jengkol, petai, minuman beralkohol dan lain sebagainya. 

Namun jika air urine berbau menyengat, apalagi Anda tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan urine berbau. Perlu Anda waspada, sebab bisa saja terjadi bahaya kesehatan tubuh Anda.

Perlu Anda ketahui beberapa penyakit yang mengakibatkan air urine berbau menyengat:

Terjadinya Infeksi Pada Saluran Kencing.

Bakteri yang masuk pada saluran kencing dapat mengakibatkan infeksi kencing. Ciri-cirinya, Anda akan sering buang air kecil dan ada rasa nyeri pada saat urine keluar dan air kencing berbau menyengat.

Penyakit Diabetes.

Penderita diabetes disebut juga dengan kencing manis. Penderita diabetes sudah tentu mengalami kadar gula yang sangat tinggi, sehingga akan mengakibatkan urine berbau menyengat. Bau ini terjadi karena urine yang keluar tercampur gula. Jika Anda mengalami urine yang berbau menyengat terus-menerus sebaiknya segera periksa ke dokter terdekat Anda, agar secepatnya mendapatkan pengobatan yang tepat.

Mengalami Dehidrasi.

Pada saat tubuh Anda kekurangan cairan bisa disebut dehidrasi. Ciri-cirinya jika urine yang keluar berwarna kuning disertai bau menyengat. Jika dehidrasi yang ringan sebaiknya segera mengkonsumsi air putih.

Terkena Penyakit Liver.

Tanda-tanda terkena penyakit liver adalah: berat badan turun drastis, kulit berwarna kuning, sering kembung, sering sakit di bagian perut da kondisi tubuh lemah. Pada kondisi tubuh seperti itu disertai dengan kencing berbau menyengat dan berbulir. Segera periksakan ke dokter agar Anda tahu pasti gejala apa yang terjadi dan agar mendapat penanganan yang tepat.

Selai mengetahui penyebab air kencing berbau menyengat, Anda juga perlu mengetahui cara menjaga agar saluran kencing Anda sehat. 

Beberapa Tips Sederhana Menjaga Saluran Kencing Tetap Sehat.

- Konsumsi air putih/air mineral sebanyak 6-8 liter sehari.
- Tidak menahan pada saat ingin buar ir kecil dan tidak buru-buru pada saat mengeluarkan-nya.
- Setelah buang air kecil, sebaiknya cuci hingga benar-benar bersih agar mencegah bakteri masuk     melalui saluran kencing.

Jangan menganggap sepele kencing berbau menyengat ini, jika kencing berbau menyengat sudah lebih dari 24 jam dan bau urine tidak disebabkan oleh konsumsi obat serta makana dan minuman yang dapat mengakibatkan kencing bau menyengat. Maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.


Post a Comment

0 Comments