Cara Mengatasi Flu dan Pilek Pada Anak



Cara Alami Atasi Flu Pada Anak


Musim pancaroba/ peralihan musim panas ke musim penghujan ataupun sebaliknya. Biasanya pada musim pancaroba ini orang akan banyak yang terkena gejala flu dan pilek. Di artikel sebelumnya kami telah membahas bahaimana cara mengatasi dengan cara yang lebih alami, untuk orang dewasa.

Nah bagaimana jika gejala flu terjadi pada anak-anak kita? Tentu saja sebagai orang tua akan panik melihat buah hati mengalami hidung tersumbat/flu. Nah kami akan memberikan beberapa tips untuk anak-anak yang mengalami gejala/terserang flu dan pilek.

Sebenarnya cara mengatasi tidak terlalu berbeda untuk orang dewasa pada penanganan penderita flu dan pilek, amun ada beberapa tambahan yang perlu untuk dilakukan. Sehingga akan mempercepat proses penyembuhan flu dan pilek pada anak-anak.

1. Berikan Asupan Vitamin C.

Untuk anak-anak dosis yang di gunakan tentu saja tidak sebanyak orang dewasa, untuk anak-anak hanya dianjurkan 45mg/hari itupun anak yang berusia diatas 5 tahun.  Berikan asupan vitamin C yang terkandung pada sayuran dan buah-buahan.

Kekurangan vitamin C pada anak-anak, merupakan salah satu sebab anak terserang gejala flu dan pilek. Memenuhi kebutuhan vitamin C melalui mkanan yang di makan akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingg akan mempercepat penyembuhan flu.

Buah dan sayur yang di anjurkan untuk anak-anak berusia 5 tahun adalah : pepaya, pisang, tomat, jeruk, brokoli, bayam dan ubi jalar.

2. Madu.

Biarkan anak mengkonsumsi 1 sendok makan Madu yang di campur dengan setengah gelas air hangat, kemudian tambahkan 1/2 air peresan jeruk lemon. Minumkan minuman tersebut dalam keadaan hangat. Madu dan lemon akan memberikan efek hangat pada tenggorokan, sehingga akan melegakan tenggorokan dan mencegah peradangan pada tenggorokan.

3. Mandi Air Hangat.

Jika anak 5 tahun terkena flu tentu akan sanagt rewel. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap hangat, hendaknya pada saat mandi gunakan air hangat.

4. Berikan Istirahat Yang Cukup.

Istirahat sangat berguna bagi rang yang sedang mengalami penurunan kondisi tubuh terutama pada anak-anak. Istirahat 8 jam pada tidur malam , dan setidaknya melakukan tidur siang sedikitnya 3 jam.

5. Berikan Probiotik Alami.

Probiotik alami dapat ditemukan melalui yogurt. Para alhi telah meneliti pada anak-anak yang diberikan probiotik lebihcepat sembuh dari pada anak yang tidak diberikan probiotik. Diketahui probiotik dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Buang Ingus.

Jika hidung meler sebaiknya buang ingus jangan dibiarkan, sebab dengan membuang ingus akan membuat lega lubang hidung dan dapat membuang virus/bakteri keluar. Jika anak Anda tidak bisa membuang ingusnya sendiri, Anda dapat memberikan penyedot ingus.

7. Makanan Hangat/Sup Ayam.

Selain dapat menghangatkan badan, Sup Ayam juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.  Para ahli mengatakan, bahwa sup ayam dapat membantu tubuh mengontrol netrofil, sel yang dapat menyebabkan hidung tersumbat/mampet.

Itulah beberapa cara mengatasi flu dan pilek pada anak-anak di atas 5 tahung hingga 12 tahun, jika pilek dan flu berlangsung lama segera periksakan kondisi anak Anda ke dokter terdekat.


Post a Comment

0 Comments