Jenis Makanan Penyehat Usus Anda


Jenis Makanan Buah dan Sayur Ini Ternyata Dapat Menyehatkan Usus Besar dan Usus Keci


Penyakit yang ada pada tubuh kita, sering kali datang dari kotoran yang berada pada usus besar yang menumpuk terlalu lama, sehingga menyebabkan timbulnya bakteri dalam tubuh. Salah satu yang pertama kena dampaknya adalah saluran pencernaan kita menjadi terganggu. Faktanya hampir 70% sel-selkekebalan tubuh terbentuk dalam dinding usus.

Sistem pencernaan yang tidak lancar akan menimbulkan beberapa macam penyakit, diantaranya seperti: diare, usus buntu, hingga demam tifoid (yang membuat usus berlubang).

Untuk dapat menyehatkan sistem pencernaan ini, Anda dapat merubah pola makan yang sehat dan baik bagi kesehatan tubuh. Makana yang sehat serta mengandung beberapa mineral serta serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu membersikan usus dari sisa kotoran.

1. Buah

Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat di anjurkan, namun dalam hal ini ada dua macam buah yang dapat memmbantu menyehatkan usus, diantaranya: buah Lemon, Alpukan dan Apel. Untuk lemon Anda hanya perlu mengambil air perasan lemon untuk di minum. 

Kandunagn vitamin C dan antioksidan pada lemon dapat membantu memperlancar saluran pencernaan dan dapat merontokan kotoran/lemak yang tersisa pada usus. 

Kandungan omega-3 pada buah alpukat dapat membantu mencegah timbulnya racun pada didnding usus.

Apel memiliki kandungan serat yang disebut pektin. Serat ini dengan mudah dapat di cerna bakteri baik dalam ususu yang bernama "Eubacterium eligans. Paktin sangat aktif sehingga dapat mencegah timbulnya diare serta dapat mengatasi infeksi pada usus besar dan usus kecil.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung serat tentu saja dapat membantu membersihkan kotoran di dalam usus.  Untuk dapat mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya dalam pengolahan sayuran hijau ini sebaiknya dengan cara direbus dan apabila di tumis sebaiknya gunakan minyak alami, seperti minyak kelapa/minyak zaitun.

3. Yogurt

Mkanan hasil fermentasi ini sanagat baik untuk dapat mencegah kanker kolorektal. Kandungan probiotik-nya sangat baik untuk menyehatkan usus.

4. Kacang Merah

Kacang merah mengandung banyak mineral dan serat yang dapat mencegah timbulnya sel-sel kankder dalam usus. 

5. Lada Cayenne

Bahan makanan pedas sebagai pengganti cabe ini memiliki kandungan senyawa yang dapat melancarkan pencernaan tubuh serta dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

Dalam menjaga pola makan yang sehat Anda juga harus memperhatikan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol jahat masuk dalam tubuh. Penumpukan kolesterol pada aliran darah dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Perhatikan juga jumlah serat yang masuk dalam tubuh, jika kekurangan serat maka sistem pencernaan akan sumit untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Mengganti dengan gaya hidup sehat, yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat serta rutin melakukan aktifitas olahraga sangat di anjurkan untuk mencapai kehidupan yang sehat dan berkualitas.

Nah kusus bagi Anda yang kurang dalam ber olahraga mulai sekarang lakukan lah aktifitas olahraga minimal seminggu 2 kali selama 15-30 menit, lakukan olahraga ringan misalnya lari kecil. Agar kondisi tubuh tetap sehat. Serta ubahlah kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan, misalnya kurangilah konsumsi makanan cepat saji.

Jika Anda suka dengan artikel ini, sher di media sosial kalian ya,...beritahukan ke teman-teman Anda supaya mendapatkan manfaat kesehatan. 



Post a Comment

0 Comments