Kenali Penyabab dan Bahaya Hipertensi atau Tkanan Darah Tinggi


Perlu Anda Ketahui Penyebab Utama Tekanan Darah Tinggi, Bahaya dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.


Tekanan darah tinggi atau istilah medisnya disebut Hipertensi adalah: derasnya aliran darah dari jantung yang mendorong diding pembuluh darah (arteri). Tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHG, sedangkan dia atas itu bisa di katakan tekanan darah tinggi yang di tandai dengan beberapa tanda diantaranya :

- Pusing
- Mengalami buram pada penglihatan
- Detak janting tak teratur
- Mengalami nyeri di dada
- Mudah lelah/lemas

Banyak orang mengalami tekanan darah tinggi, terutama bagi Anda yang hidup di kota-kota besar. Stres menjadi salah satu penyebab nomor satu tekanan darah tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi sendiri ada 2 jenis. Apa saja mari lanjutkan baca artikel ini hingga selesai !!!

1. Hiertensi Primer

Tekanana darah tinggi jenis ini terjadi tidak mengenal usia, bisa terjadi dari usia dewasa, hingga usia lanjut. Penyebabnya bukanlah faktor genetik/keturunan. Orang yang mengalami hipertensi ini, kebanyakan tidak terlalu merasakan gejala yang berarti/tidak sadar bahwa mereka mengalami hipertensi.

Stres Termasuk Penyebab Hipertensi Primer

Saat Anda stres maka akan mengeluarkan hormon kortisol, adernalin dan norepinefrin  yang menyebabkan denyut jantung meningkat. Efek stres pada naiknya tekanan darah tinggi sebenarnya hanya sementara, namun jika Anda mengalami stres yang berkepanjangan maka akan sangat berbahaya.

Stres berkepanjangan, biasanya muncul akibat dari masalah ekonomi, padatnya pekerjaan yang tak kunjung selesai, retaknya hubungan dengan pasangan dan lain sebagainya. Intinya jika Anda mengalami stres berkepanjangan coba cek tekanan darah Anda apakah normal. 

Jika tidak maka segeralah atasi tingkat stres Anda, dengan cara melakukan meditasi atau knsultasi dengan dokter untuk dapat mengatasi masalah yang Anda hadapi.

Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Mengkonsumsi makanana yang tidak di berikan garam, memang tidak akan terasa nikmat. Ya memang tidak sepenuhnya garam bersifat jahat, namun jika kita terlalu banyak konsumsi garam maka akan terjadi penumpukan natrium di dalam tubuh.

Banyaknya tumpukan natrium di dalam tubuh akan memberatkan kinerja ginjal, akibatnya terjadi retensi cairan yang mengakibatkan naiknya tekanan darah.

Mulai sekarang jangan terlalu banyak /mengkonsumsi garam berlebih ya, khususnya bagi anda yang sudah memasuki usia di atas 30 tahun. Konsumsilah garam secukupnya, jika menggunakan garam masak untuk masakan jangan terlalu asin. Selain membuat masakan tidak enak di makan juga akan menimbulkan gejala hipertensi.

Obesitas/Kekegmukan

Obesitas merupakan salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi.  Kinerja jantung pada orang gemuk akan berat, memerlukan kerja yang cukup berat sehingga lama kelamaan tekanan darah akan naik.

Semain bertambahnya berat badan Anda, maka semakin membutuhkan aliran darah untuk membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh Anda.

Rokok dan Minuman Beralkohol

Kandungan nikotin pada rokok akan menyempitkan pembuluh darah di sistem saraf otak, sedangkan alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada organ vital lain dan ginjal yang dapat mempengaruhi naiknya tekanan darah.

2. Hipertensi Skunder

Hipertensi ini biasanya di pengaruhi oleh faktor obat-obatan. Seseorang dapat secara tiba-tiba mengalami peningkatan tekanan darah secara signifikan, ini bisa disebut hipertensi skunder.

Faktor obat-obatan yang menjadi penyebab hipertensi skunder:

- Masalah Ginjal
- Masalah tiroid
- Kehamilan
- Obat ilegal seperti, kokain (narkoba)


Cara Mencegah Hipertensi


Cara sederhana yang mudah di lakukan, tetapi terkadang sulit untuk di lakukan terutama bagi kaum milenial yang selalu sibuk dengan urusan pekerjaan misalnya. Namun kami akan mencoba beberapa cara yang sederhana mudah di lakukan bagi semua kalangan, berikut beberapa tips/caranya : 

Mengkonsumsi Masakan Sendiri

Dengan mengkonsumsi makanana yang di buat sendiri di rumah, tentu dapat mengontrol kadar garam yang di masukan pada makanan. Dengan masak makanana sendiri juga dapat menjaga kualitas makamana yang lebih higienis dan terjaga kandungan nutrisinya dengan baik.

Perbanyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Sama halnya dengan memasak makanan sendiri di rumah, tentu akan tetap menjaga makanana yang bergizi tinggi dengan memperbanyak masak sayuran. Seain sayuran Anda juga harus perbanyak konsumsi buah, selain kaya vitamin dan nutrisi beberapa jenis buah juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Olahraga 

Lakukan orlahraga sedikitnya seminggu 2 kali selama 30 menit, dengan olah raga maka akan membantu menurunkan berat badan Anda.

Behenti Merokok

Berhentilah merokok, kandungan nikotin pada rokok terbukti dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sejak pertama kali isapan rokok.

Mulai saat ini lakukan lah pola hidup sehat, agar dapat terjaga kesehatanya dari berbagai jenis pernyakit yang tidak kita inginkan. Dengan menjaga pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan sehat, menghindari rokok dan minuman beralkohol serta rutin melakukan olah raga. Maka kondisi kesehatan Anda akan terjaga, badan pun akan selalu fit, siap melakukan aktifitas sehari-hari baik dalam pekerjaan maupun bersama keluarga tercinta Anda.



Post a Comment

0 Comments