Penyebab Dermatitis Kontak


Ketahui Penyebab Rasa Gatal Pada Kulit


Rasa gatal pada kulit yang terjadi akibat setelah terkena sabun cuci/sabun mandi, bisa jadi kulit Anda terkena alergi. Alergi kulit bisa cepet terjadi dalam hitungan menit.  Dalam istilah kedokteran alergi pada kulit disebut, dermatitis kontak.

Dermatitis kontak disebabkan terjadinya paparan pada alergen, terdeteksinya unsur asing oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga mengakibatkan terjadinya reaksi alergi.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tentu akan sangat mudah terjadi alergi pada kulit. Tanda-tanda terkena alergi berupa, terasa gatal pada kulit disertai kulit memerah, muncul ruam, dan terjadi pembengkakan.

Apa itu Dermatitis Kontak.

Dermatitis Kontak yaitu, iritasi pada kulit akibat terkena langsung oleh zat tertentu. Zat ini biasanya terdapat pada sabun, terutama sabun cuci.

Bahan berbahaya yang dapat mengakibatkan seseorang terkena alergi bukan hanya terdapat pada sabun saja. Namun handuk yang di pakai bisa saja terkena zat berbahaya, yang berasal dari sisa diterjen yang menempel pada handuk atau pakaian.

Cara Pencegahan-nya.

Gunakan sabun/diterjen dengan pH yang seimbang dengan kondisi kulit. Hindari sementara diterjen yang mengandung bahan pemutih dan pewangi, bahan tersebut dapat membahayakan resiko dermatitis kontak yang semakin parah.

Jangan garuk pada kulit yang gatal, sebak akan menimbulkan iritasi yang semakin lebar pada kulit. Sebaiknya gunakan salep pereda alergi/ segera perikasakan ke dokter, untuk mendapat pengobatan yang tepat.



Cara Penyembuhan Alami Dermatitis Kontak.

Jika terjadi rasa gatal yang teramat sangat, lakukanlah perendaman menggunakan air dingin atau bisa juga menggunakan air hangat. 

Cara melakukan perendaman menggunakan air hanya sangat mudah dilakukan. Anda cukup merendam pada bagian yang terkena alergi. Tambahkan garam secukupnya pada air hangat, lakukan perendaman selama 3 menit.

Gunakan juga pelembab kulit, hal supaya menjaga kelembaban kulit bagian terluar dari kerusakan akibat gatal yang mengakibatkan kulit memerah.

Jika kondisi ini semakin parah sebaiknya segera perikasakan ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dermatitis sendiri ada dua macam, yaitu:

Dermatitis iritasi : Terkena secara langsung zat tertentu pada bagian kulit paling luar sehingga mengakibatkan kerusakan pada kulit bagian luar. Zat ini sering terdapat pada diterjen, sabun, pemutih pakaian dan pewangi.

Dermatitis alergi : Seperti yang disebutkan diatas, bawa dermatitis ini terjadi akibat kulit bersentuhan dengan zat alergen yang mengakibatkan sistem kekebalan tubuh bereaksi, akibat mendeteksi zat yang asing dan di anggap berbahaya.


Post a Comment

0 Comments