Rasa Pahit Daun Pepaya Ternyata Memiliki Se-Gudang Manfaat Kesehatan


Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya


Pohon pepaya memang sudah terkenal memiliki buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ya buah pepaya memberikan asupan vitamin dan nutrsi yang terkandung di dalam nya. Namun siapa sangka bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Perlu Anda ketahui bahwa daun pepaya juga memiiki bermacam-macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun pepaya yang telah di ekstrak diketahui memiliki kandungan sejumlah vitamin, diantaranya: vitamin A, B, C dan vitamin E. Selain itu juga mengandung mineral seperti, kalsium, fosfor, zat besi.

Kandungan pada daun pepaya sebelum di ekstrak adalah, saponin, tanin, alkaloid dan flafonoid serta megandung b-karoten yang bermanfaat dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Zejak jaman dahulu daun pepaya ini telah di kenal oleh sebagian para orang tua, mereka mengkonsumsi daun pepaya ini di jadikan sebagai jamu. Mereka memanfaatkan nya dengan cara di rebus untuk di ambil sari air daun pepaya, mereka menggunakan untuk membantu meredakan kram pada saat haid.

Rasa dari daun pepaya ini memang pahit, tetapi di balik rasa yang pahit ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang pahit tentu saja tidak sebanding dengan manfaat nya yang terkandung di dalamnya. 

Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa manfaat daun bebapa ini, mari baca artikel ini hingga selesai. Jika bermnfaat sher artikel ini!!

Meredakan Nyeri/Kram Saat HAID Pada Wanita

Seperti yang telah di singgung di atas, manfaat daun pepaya dapat mengatasi kram saat haid pada wanita. Cara pengolahanya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil 2-3 batang daun pepaya yang sedang, cuci bersih kemudian rebus dengan 6 gelas air. Rebus dan sisakan air rebusan hingga setengahnya/3 gelas. Minum ramuan ini sebelum tidur, minum dalam keadaan hangat. Ramuan ini juga bisa Anda tambahkan dengan 2 sdm madu murni.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Di dalam daun pepaya terkandung zat kaprin yang dapat membantu membasmi mikroorganisme jahat yang menggangu pencernaan. Sehingga mengkonsumsi daun pepaya terutama di gunakan sebagai lalapan, dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda.

Mengatasi Demam Berdarah

Zat yang ada pada daun pepaya diyakini memiliki zat anti malaria dan demam berdarah. Cara mendapatkan manfaat untuk demam berdarah caranya sama seerti untuk meredakan kram haid. 

Ambil 6 lembar daun pepaya yang sedang, cuci bersih kemudian rebuh dengan 5 gelas air, rebus dan sisakan hingga 3 gelais air. Kemudian minum tanpa di ambahkan madu. Minum pagi dan sore.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat lain daun pepaya yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Cara pengolahan nya sama yaitu dengan cara direbus daun pepaya. Namun kali ini setelah mendapatkan air rebusan daun pepaya, kemudian tambahkan dengan gula merah secukupnya. Aduk hingga merata kemudian minum sehari 3 kali.

Dapat Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin A, C dan E pada daun pepaya ini dapat membantu menyehatkan kulit dari keritan dan jerawat. Kandunga vitamin C, dan E ini ternyata lebih tingi dari pada yang ada pada buahnya.

Bagi Anda yang tidak suka dengan rasa pahit dari daun peaya ini, mulai sekarang cobalah untuk memikirkan manfaat dari daun pepaya yang secara alami dapat membantu menyehatkan tubuh, Mungkin para orang tua kita lebih tahu dan mereka telah mengkonsumsinya.  untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara alami.



Post a Comment

0 Comments