Biji Melinjo Ternyata Sangat Bermanfaat Untuk Keehatan Tubuh


Manfaat dan Effek Samping Mengkonsumsi Biji Melinjo


Anda tentunya sering menjumpai biji melinjo dalam sayur asam bukan...? Nah tahukah Anda bahwa biji melinjo ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Memang biji melinjo ini tidak di anjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit asam urat dan darah tinggi.

Biji melinjo memiliki beberapa kandungan antara lain: Vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan C. Selain itu juga mengandung: zat besi, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, seng, tembaga dan serat.

Berikut beberapa manfaat biji melinjo yang perlu di ketahui bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Biji melinjo mengandung mangan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan otak serta mengatasi gangguan saraf. 

2. Mencegah Penyakit Stroke

Biji melinjo mengandung banyak potasium tinggi yang membantu mengalirkan oksigen ke otak dengan meningkatkan fungsi kognitif serta meningkatkan fungsi saraf. Hal ini yang dapat mencegah terjadinya penyakit stroke.

3. Menyehatkan Fungsi Ginjal

Fosfor yang terkandung pada biji melinjo dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh, mengatur kadar garam dan lemak dan membantu fungsi ginjal dalam membuang racun yang terendap dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Otot

Kandungan protein tinggi pada biji melinjo dapat mengingkatkan kesehatan mikrofilamen. Mikrofilamen adalah jaringan di dalam otot yang berfungsi membangun struktur otot. 

5. Membantu Pertumbuhan

Manfaat lain biji melinjo adalah untuk membantu meningkatkan pertumbuhan. Dengan banyaknya kandungan Vitamin dan zat besi pada biji melinjo ini sangat membantu untuk pertumbuhan tentunya.

Efek Samping Mengkonsumsi Biji Melinjo

Biji melinjo mengandung purin yang tinggi, oleh karena itu bagi Anda yang mempunyai masalah asam urat di larang untuk mengkonsumsi biji melinjo, karena dapat meningkatkan kadar asam urat naik.

Kandungan purin tinggi juga di larang bagi mereka yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi.



Post a Comment

0 Comments