8 Kuliner Nusantara Yang Ajib sekali Serta Butuh Dicoba

Hallo food lovers, rasa-rasanya jika acara berjalan-jalan kamu kurang afdol jika kamu tidak mencicip makanan ciri khas di tempat yang kamu datangi. Kemungkinan dari banyaknya dari kalian yang menyukai traveling ke beberapa wilayah di Indonesia beberapa ada yang belum mengetahui atau coba makanan ciri khas dari tempat itu. Oke, kesempatan ini aku sedikit akan membahas mengenai makanan ciri khas yang nanti dapat kamu buat jadi rujukan untuk mecobanya bila kamu bertandang ke obyek wisata di semua Indonesia. Ada banyak daerah yang mempunyai makanan ciri khas yang lezat serta pantas kamu coba.



Ayam Betutu Bali

Bali salah satu tujuan obyek wisata yang terbanyak didatangi pelancong. Serta pulau Bali juga mempunyai bermacam makanan ciri khas diantaranya yang populer ialah ayam betutu. Makanan ini banyak diproduksi di wilayah Melinggih, Gianyar Bali. Dibuat dari daging ayam utuh yang dibubuhi bumbu yang ditempatkan pada bagian tengah dari ayamnya. Selanjutnya di panggang dengan api sekam, rasa dagingnya gurih pedas serta dagingnya benar-benar lembut sekali.

Soto Rawon, Surabaya

Soto Rawon ialah makanan ciri khas Surabaya. Dibuat dari potongan daging sapi serta kuahnya berwarna hitam yang datang dari kluwek yang jadikan soto ini tidak sama dari soto yang lain. Di dalam rawon sering di imbuhkan dengan dalaman atau kikil sapi. Di Surabaya rawon yang benar-benar legendaris ialah rawon setan yang berada di Jalan Embong Malang, Surabaya.

Mie Aceh

Di Aceh beberapa hal yang menarik. Tidak hanya budayanya yanag kental dengan islamic serta wisatanya yang indah, Aceh mempunyai kuliner yang penting kamu coba serta diantaranya ialah Mie Aceh yang populer. Proses membuatnya, mie aceh memakai mie ciri khas yang berwarna kuning cerah serta memiliki bentuk tebal serta pipih meningkatkan keindahan pada sajian itu. Serta bumbu yang dipakai seperti kari yang disebut bumbu ciri khas yang memberi cita rasa ciri khas rempah dalam hidangan ini.

Empal Gentong, Cirebon

Kuliner satu ini adalah makanan ciri khas wilayah Cirebon, jawa barat. Empal gentong memiliki bahan penting daging sapi yang di rebus memakai gentong ( periuk tanah liat ) , makanan ini seperti dengan gulai sebab kuahnya dibuat dari santan. Serta dimasaknya memakai kayu bakar, daging yang dipakai ialah daging sapi, babat serta usus. Disamping itu empal gentong diberikan dengan memakai daun kucai supaya lebih enak serta nikmat. Makanan ini benar-benar cocok jika di nikmati pada siang hari.

Gulai Ikan Patin, Jambi

Masakan ciri khas dari kota jambi ialah gulai ikan patin. Rasa-rasanya yang nikmat serta fresh ditambah lagi di nikmati pada saat makan siang hingga banyak food lovers yang menyenanginya. Serta kamu harus coba makanan ini, sebab kandungan gizi yang ada dalam ikan patin ini tinggi sekali yakni asam lemak mendasar DHA serta EPA. Omega 3, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin D, zat besi, yodium dan lain-lain. Serta kandungan lemak tidak jemu ikan patin bisa menahan penyakit Jantung.

Mie Bangka

Nah ini salah satunya makanan favorite aku. Mie bangka adalah makanan ciri khas Indonesia yang datang dari Bangka. Mie ini dibuat berbahan fundamen mie basah yang berwarna kuning yang umumnya disiram dengan kuah yang berbumbu serta dikasih toge, mentimun serta kerupuk. Kuah mie bangka dibuat dari kombinasi udang, cumi-cumi, kepiting atau ikan. Lebih cocok serta rasa-rasanya lezat jika disajikan dalam kondisi panas.

Seruit Lampung

Lampung bukan sekedar populer dengan beberapa lokasi wisatanya saja. Namun ada salah satunya makanan ciri khas Lampung yang sangat melegenda yakni Seruit. makanan ciri khas dari lampung ini, dibuat dari ikan yang digoreng atau dibakar dengan digabung terasi, tempoyak atau olahan durian yang telah difermentasi. Tipe ikan yang dipakai jadi pengerjaan makanan ini ialah ikan sungai yang terdapat banyak di sungai-sungai Sumatra seperti layis, baung serta belide.

Bandeng Presto, Semarang

Makanan ciri khas Semarang ini sangat populer serta biasa jadikan oleh-oleh bila bertandang ke kota ini. Bandeng presto dibuat dari ikan bandeng yang dibuat dengan panci bertekanan tinggi atau di presto, supaya duri dari ikan bandeng jadi lunak serta makanan ini bertahan lama bila disimpan di kulkas. Di Semarang bandeng presto bisa kamu jumpai di selama Jalan Pandanaran atau Mataram Semarang.

Apa Anda pernah coba kuliner nusantara di atas? jika belum, jangan terlewat demikian saja serta Anda bisa mencobanya saat Anda sedang ada di beberapa daerah itu.

Post a Comment

0 Comments