Resep Obat Batuk Anak Tradisional yang Manjur


Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menimbulkan penyakit lainnya, batuk pun biasanya membuat penderitanya menjadi tidak nyaman dalam melakukan aktivitas. Batuk tidak hanya menyerang pada orang dewasa saja, namun anak-anak dengan sistem imun yang masih menurun dapat terserang gangguan kesehatan ini, akibat berbagai faktor. Berikut ini beberapa resep obat batuk anak tradisional yang masih banyak digunakan oleh masyarakat, untuk mengobati gangguan kesehatan pada putra putri mereka, yang mungkin dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam memberikan obat terbaik bagi putra putri Anda.



Kacang merupakan hal yang biasanya dihindari karena dapat memperburuk batuk yang memang sedang menyerang. Namun tahukah Anda, bahwa kacang almond yang dicampur dengan susu, ternyata dapat menjadi obat batuk tradisional yang efektif untuk menyembuhkan batuk dan pilek yang memang sedang menyerang. Rendam terlebih dahulu kacang almond dengan segelas susu, dan mintalah anak untuk mengkonsumsi kacang almond yang telah direndam tersebut dengan cara menjilatnya seperti mengkonsumsi permen sebanyak 3 kali sehari.

Selain kacang almond dengan campuran susu, obat batuk tradisional lainnya yang dapat diberikan kepada putra putri Anda, antara lain adalah:

  • Campuran susu dan serbuk kunyit, Anda dapat memberikan secangkir susu hangat yang ditambahkan serbuk kunyit secukupnya kepada anak yang terserang batuk, ketika malam menjelang tidur. Kandungan antibiotik alami pada kunir dikenal mampu meningkatkan imun serta menghangatkan tubuh anak, sehingga batuk dan pilek pun dapat disembuhkan.
  • Madu merupakan salah satu obat batuk tradisional yang memang ampuh diberikan kepada anak. Kandungan anti mikrobakteri pada madu, yang menyebabkan zat ini mampu menangkal virus penyebab batuk dan pilek pada anak. Kandungan pemanis alami pada madu mampu memicu produksi saliva sebagai pengencer lendir sehingga dahak pun dapat dikeluarkan dengan mudah. Untuk menjadikan madu sebagai obat batuk alami Anda dapat mencampurkannya dengan air jahe ataupun jeruk lemon. Memberikan langsung madu kepada anak pun juga dapat Anda lakukan dengan takaran 1 sendok makan 2 atau 3 kali sehari.
  • Jahe juga dapat menjadi obat batuk alami yang dapat dikonsumsi oleh anak. Untuk menjadikan jahe ini sebagai obat batuk, Anda hanya perlu menyiapkan satu ruas jahe kemudian bakar dan geprek jahe tersebut. Rebus jahe dengan 200 ml air hingga mendidih, dan tambahkan gula merah secukupnya. Tambahkan 1 sendok madu ketika menyajikannya, dan mintalah anak untuk mengkonsumsi minuman tersebut selagi hangat. Kandungan antivirus pada jahe inilah yang dapat membuat batuk pada anak segera menghilang.
  • Bawang putih dikenal memiliki zat antibiotik alami yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Bau menyengat pada bawang putih, mungkin akan membuat anak enggan untuk mengkonsumsinya. Untuk menyiasati hal tersebut, mungkin Anda dapat membuat jus bawang putih yang dicampur dengan madu untuk diberikan kepada anak yang menderita batuk. Selain mengkonsumsinya, bawang putih juga dapat dijadikan sebagai bahan olesan pada dada dan leher anak, untuk mengurangi rasa gatal akibat batuk. Campurkan bawang putih dengan minyak kayu putih ataupun minyak telon.

Selain memberikan obat batuk anak tradisional seperti yang telah disebutkan diatas, ada baiknya Anda meminta putra putri yang memang sedang mengalami gangguan batuk untuk rajin berkumur dengan menggunakan air hangat yang telah diberi garam. Kandungan antibiotik alami pada garam selain dapat membunuh virus ataupun kuman yang ada juga mampu membentuk sistem imun dalam tubuh menjadi lebih baik.



Post a Comment

0 Comments